Home » Contoh Website Desa yang Baik dan Sesuai dengan Karakteristik Desa

Contoh Website Desa yang Baik dan Sesuai dengan Karakteristik Desa

Memiliki website bagi sebuah Desa di era serba digital ini sangatlah penting karena fungsi webiste bukan lagi sekedar sumber informasi. Saat ini Website bisa menjadi ajang promosi potensi desa supaya lebih dikenal luas. Tentunya website desa yang dibuat harus sesuai dan tidak semua contoh website desa yang ada bisa diterapkan.

Mengapa tidak semua contoh bisa diterapkan ? tentunya hal ini karena karateristik setiap desa yang berbeda. Misalnya profil desa wisata, akan berbeda jauh dengan desa yang lebih menonjolkan pada sisi pengembangan UKM.

Contoh Website Desa yang Bagus

Untuk lebih jelasnya, silakan Anda lihat 3 Contoh  di bawah ini :

Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

www.nglanggeran-patuk.desa.id

Nglanggeran merupakan sebuah desa wisata yang telah mendapatkan penghargaan CBT (Penghargaan Berbasis Masyarakat Asean) pada 2017 lalu. Pada website desa wisata, Anda bisa melihat ada tabel yang menunjukan berapa banyak jumlah wisatawan yang datang. Tabel pertama berisi jumlah kunjungan Gunung Api Purba dan tabel kedua Embung, kedua tabel diperbaharui otomatis.

Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung

web desa ciburial
https://ciburial.desa.id/

Website Desa Ciburial memang belum bisa dikatakan sempurna namun, website sudah menunjukan dengan jelas potensi desa. Pada homepage Anda akan langsung dituntun untuk melihat prestasi apa saja yang telah dicapai oleh desa. Ada pula channel Ciburial Tv yang berisi video informatif tentang cara mengatasi bencana yang sering terjadi di daerah dataran tinggi seperti Ciburial.

Desa Padekik, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis

web desa padekik
http://pedekik.desa.id/

Pada website tersebut, keterbukaan informasi mengenai perangkat desa paling ditonjolkan. Masyarakat bisa melihat dengan jelas siapa yang menjabat sebagai perangkat desa dan apa posisi mereka. Pada website juga tertulis dengan rinci organisasi – organisasi sosial kemasyarakatan lengkap dengan visi misi serta kegiatan yang akan dilaksanakan.

Dari beberapa contoh desain website desa di atas, Anda bisa memilih desain mana yang palingbaik digunakan.  Website tidak harus menjadi website desa terbaik, yang penting tujuan mempromosikan desa bisa tercapai dan informatif bagi masyarakat.

Semoga artikel mengenai contoh website desa ini bisa bermanfaat dan membantu desa Anda memiliki Website yang baik. Apabila Anda masih merasa kesulitan dalam menentukan, jangan khawatir karena ada banyak jasa pembuatan website seperti digizein.web.id.

2 thoughts on “Contoh Website Desa yang Baik dan Sesuai dengan Karakteristik Desa”

  1. Ada puluhan ribu desa di Indonesia,mungkin yang udah punya website bari 2-3 % nya. Tiap kali coba tawarkan jasa website, ternyata para kades/lurah malah milih bikin spanduk utk laporan keuangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Disini
Chat Disini